Recents in Beach

header ads

Membuat langit berwarna biru (part 02)

Membuat langit berwarna biru (part 02)

Tutorial ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya. Pada tulisan sebelumnya saya telah menjelaskan langkah-langkah apa saja yang dapat kita lakukan agar warna biru pada langit tidak menjadi putih atau pucat pada saat pemotretran. Berikutnya apabila hasil foto langit masih dirasakan kurang berwarna biru, maka langkah berikutnya dapat dilakukan retouch dengan menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Perlu diperhatikan, apabila pada foto asli bagian langit berwarna total putih, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti langit tersebut dengan foto langit lain. Apabila dicoba untuk merubahnya menjadi berwarna biru maka hasilnya biasanya tidak akan maksimal dan terlihat artificial. Sedangkan apabila langit pada foto asli sudah mengandung unsur warna biru, maka dapat diretouch untuk membuat langit tersebut menjadi lebih biru atau pekat dengan fitur yang ada pada aplikasi Photoshop dan Lightroom. Jadi sebisa mungkin agar mendapatkan foto asli dengan baik terlebih dahulu karena tidak semuanya bisa diperbaiki dengan baik menggunakan aplikasi digital imaging.
Seperti biasa, untuk mendapatkan satu efek tertentu banyak cara yang dapat dilakukan dengan dengan menggunakan dua aplikasi di atas. Pada tutorial ini saya akan memperlihatkan cara yang sering saya gunakan. Untuk contoh kasus saya akan menggunakan foto berikut dan merubah warna biru pada langit menjadi lebih pekat.
contoh011 Membuat langit berwarna biru (part 02)
1. Adobe Photoshop
Berikutnya foto tersebut kita buka menggunakan Adobe Photoshop. Selanjutnya saya akan membuat efek filter Graduated Neutral Density dengan menggunakan fitur Exposure. Setelah foto dibuka di Photoshop kemudian pilih Layer > New Adjustment Layer > Exposure… Berikutnya dengan menggunakan Gradient tool saya membuat masking sedemikian rupa sehingga masking terbagi dua dengan masking berwarna putih di bagian atas (langit).
Screen shot 2011 03 09 at 4.14.59 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Kemudian saya atur seting Exposure sebagai berikut:
Screen shot 2011 03 09 at 4.19.23 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Pada saat melakukan perubahan perhatikan histogram (Window > Info) agar tidak terjadi Clipping di Highlight. Dengan setting seperti di atas maka foto sekarang akan tampak seolah-oleh difoto dengan menggunakan filter Graduated Neutral Density:
contoh021 Membuat langit berwarna biru (part 02)
Selanjutnya untuk melakukan perubahan pada warna saya menggunakan fitur Hue/Saturation. Pilih Layer > New Adjsutment Layer > Hue/Saturation… Di window berikutnya kemudian berikan tanda pada bagian Use Previous Layer to Create Clipping Mask.
Screen shot 2011 03 09 at 4.30.00 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Posisi layer sekarang tampak sebagai berikut:
Screen shot 2011 03 09 at 4.36.38 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Selanjutnya kita bisa melakukan perubahan Saturation dan Lightness pada Channel Blues dan Channel Cyans di setting Hue/Saturation sesuai dengan yang diinginkan seperti contoh berikut:
Screen shot 2011 03 09 at 4.41.05 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Dengan perubahan yang kita lakukan di atas maka didapat hasil sebelum dan sesudah sebagai berikut (klik untuk size yang lebih besar):
contoh03 Membuat langit berwarna biru (part 02)
2. Adobe Lightroom
Apabila Anda menggunakan Adobe Lightroom maka dapat menggunakan langkah-langkah berikut. Setelah foto masuk dalam Catalog selanjutnya buka foto tersebut dalam panel Development.
lr01 Membuat langit berwarna biru (part 02)
Kemudian pilih tool Graduated Filter dan drag difoto untuk menentukan posisi gradasi sesuai dengan yang diinginkan
lr02 Membuat langit berwarna biru (part 02)
lr03 Membuat langit berwarna biru (part 02)
Berikutnya Anda tinggal mengatur setting pada Graduated Filter seperti contoh berikut:
Screen shot 2011 03 09 at 5.23.02 PM Membuat langit berwarna biru (part 02)
Berikut hasil akhir sebelum dan sesudah:
akhir Membuat langit berwarna biru (part 02)
* Tulisan Membuat Langit Berwarna Biru Part 01 dan Part 02 merupakan respon dari pertanyaan yang disampaikan salah seorang pengunjung FotografiDesain.com yaitu sdr Arief Angga Hidayat dari Bandung melalui form Contact. Terima kasih :)

Post a Comment

0 Comments