Recents in Beach

header ads

Efek Multiple Exposures dengan Adobe Photoshop

head Efek Multiple Exposures dengan Adobe Photoshop
Efek multiple exposures merupakan sebuah teknik yang telah lazim digunakan semenjak era kamera analog dengan menggunakan film. Efek ini yang juga sering disebut teknik double exposure adalah teknik melakukan pencahayaan (exposure) selama beberapa kali dalam satu frame film. Hasilnya adalah, dalam satu frame film akan terlihat beberapa gambar yang saling menumpuk. Efek tersebut saya perhatikan sekarang populer digunakan pada beberapa desain poster film seperti Alex Cross,Parker dan Pusher. Teknik ini dapat disimulasikan sebagai efek multiple exposures dengan Adobe Photoshop yang akan saya perlihatkan dalam tutorial kali ini.
Sebagai bahan tutorial saya menggunakan foto berikut dari Daniel Peger untuk subjeknya:
4311624359 06b01e496e n Efek Multiple Exposures dengan Adobe Photoshop
Sedangkan untuk latar belakang saya menggunakan foto berikut dari WordRidden:
3175394696 6a5c71cb94 n Efek Multiple Exposures dengan Adobe Photoshop
Saran saya untuk foto subjek lebih baik menggunakan foto dengan latar belakang terang atau putih. Dengan latar belakang warna putih akan memudahkan membuat efek ini dan juga menghasilkan efek multiple exposures menjadi terlihat lebih baik. Pada video ini juga saya menggunakan teknik seleksi yang sudah saya bahas pada tutorial sebelumnya. Jadi untuk Anda yang ingin tahu bagaimana saya membuat seleksi di video ini silahkan lihat kembali tutorial tersebut.
Selain dengan post processing di Adobe Photoshop, efek multiple exposures ini juga bisa dilakukan langsung di kamera DSLR. Silahkan cek kamera Anda masing-masing dan baca manualnya apakah ada fitur multiple exposures. Kebetulan di kamera yang saya gunakan (Nikon D7000) fitur tersebut sudah ada. Dengan membaca manual dari kamera Anda, Anda dapat melakukan teknik multiple exposures ini langsung di kamera DSLR tanpa harus melalui proses post processing di Adobe Photoshop. Namun saran saya untuk tetap dapat menghasilkan efek yang serupa dengan hasil di tutorial ini, maka foto subjek lebih baik tetap menggunakan background putih.

Post a Comment

0 Comments