Advertising adalah
salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan produknya dimana unsur
kreatif sangat penting untuk men-deliver pesannya.
Keberhasilan
advertising adalah menciptakan attention untuk meningkatkan awareness dan membuat
konsumen untuk mau mencoba produknya sehingga produk yang dijual akan meningkat
penjualannya.
Advertising
Effectiveness sendiri adalah merupakan pengukuran yang memperlihatkan
kontribusi komunikasi iklan (khususnya TV) terhadap level cognitive (Awareness)
kepada Affective (Kesukaan + Minat beli) sampai ke Connative (Usage) terakhir
sampai ketingkat loyalitas konsumen
Pengukuran
Advertising Effectiveness sangat diperlukan Untuk melihat efektifitas dari
kampanye komunikasi yang telah dilakukan, sehingga kedepannya kita bisa
menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjadikan produk kita bisa
berkompetisi dipasar.
Informasi pasar yang
didapat dari survei kepuasan palanggan ini digunakan untuk sebagai sarana
melihat tingkat kepuasan konsumen dan melihat efektifitas kegiatan kampanye
promosi dan pemasaran yang telah dilakukan sehingga kedepannya untuk merumuskan
strategi-strategi pemasaran yang efektif untuk periode berikutnyaPengertian/definisi Advertising(Periklanan)
Periklanan (advertising) adalah penyajian
materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk
mempromosikan barang atau jasa.
Periklanan(advertising) adalah
bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar
hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam
pikiran namun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakansarana untuk
mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam
periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita
hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin &
Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia
periklanan. Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan
sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih
penting.
Periklanan atau Promosi (Advertising)
adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang
melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu Otto Klepper : Istilah advertising
berasal dari bahasa latin yaitu ad-vere yang berarti mengoperkan pikiran dan
gagasan kepada pihak lain.
Dunn dan Barban : Iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang
disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk
menyampaikan pesan yang bersifat membujuk (persuasive) kepada konsumen oleh perusahaan,
lembaga non komersial maupun pribadi yang berkepentingan.
Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan
kepada para calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa
tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya.
Definisi lain mengatakan bahwa periklanan merupakan penyebaran informasi
tentang suatu gagasan, barang atau jasa, untuk ‘membujuk’ orang agar berfikir,
bersikap atau bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.
Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan
menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan
distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: perencanaan komunikasi iklan,
iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik,
tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi
dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran,
pamflet,edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising
materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan.
Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media,
dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau
seluruh masyarakat
0 Comments